Pendekatan dan Metode Penelitian
1.
Konsep dan Macam-macam Metode Penelitian
Penelitian
pada dasarnya merupakan suatu pencarian, menghimpun data, mengadakan
pengukuran, analisis, sintesis, membandingkan, menafsirkan hal-hal yang
bersifat teka-teki. Metode penelitian merupakan rancangan penelitian tertentu.
Rancangan menggambarkan langkah-langkah yang harus ditempuh, waktu penelitian,
sumber data dan bagaimana data itu dihimpun.
Secara
lengkap pengelompokan metode dan pendekatan tersebut dapat dilihat di bawah ini
sesuai pendapat dari McMillan dan Schumacher (2001)
Tabel
Metode-metode Penelitian
Kuantitatif
|
Kualitatif
|
||
Eksperimental
|
Non
eksperimental
|
Interaktif
|
Noninteraktif
|
· Eksperimental
murni
· Eksperimental
kuasi
· Eksperimental
lemah
· Subjek
tunggal
|
·
Deskriptif
·
Komparatif
·
Korelasional
·
Survai
·
Ekspos fakto
·
Tindakan
|
·
Ernografis
·
Historis
·
Fenomenologis
·
Studi kasus
·
Teori dasar
·
Studi kritis
|
·
Analisis konsep
·
Analisis kebijakan
·
Analisis historis
|
Penelitian
dan pengembangan
|
|
|
2.
Penelitian Kuantitatif
Penelitian
ini dilakukan dengan menggunakan angka-angka, pengolahan statistik, struktur,
dan percobaan terkontrol. Ada beberapa metode penelitian kuantitatif yang
bersifat noneksperimental, yaitu metode : deskriptif, survei, ekspos, fakto,
komparatif, korelasional, dan penelitian tindakan.
·
Penelitian Deskriptif
Penelitian ini merupakan
metode penelitian yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang
ada, yang berlangsung saat ini atau saat yang lampau. Penelitian ini
mendeskripsi suatu keadaan.
·
Penelitian Survei
Penelitian ini digunakan
untuk mengumpulkan informasi berbentuk opini dari sejumlah orang terhadap topik
atau isu-isu tertentu.
·
Penelitian Ekspos Fakto
Penelitian ini meneliti
sebuah hubungan sebab-akibat yang dimanipulasi atau diberi perlakuan (dirancang
atau dilaksanakan) oleh peneliti.
·
Penelitian Komparatif
Penelitian ini
diarahkan untuk mengetahui antara dua atau tiga lebih dari dua kelompok ada perbedaan
dalam aspek atau variabel yang diteliti. Penelitian ini dapat memberikan hasil
yang bisa dipercaya, selain karena menggunakan instrumen yang sudah diuji, juga
karena kelompok-kelompok yang dibandingkan memiliki karakteristik yang sama.
·
Penelitian Korelasional
Penelitian ditujukan
untuk mengetahui hubungan suatu variabel dengan variabel-varibel lain.
·
Penelitian Tindakan
Penelitian ini
difokuskan kepada perbaikan proses maupun peningkatan hasil kegiatan.
·
Penelitian dan Pengembangan
Metode ini digunakan
untuk mengembangkan dan menguji suatu produk.
3.
Penelitian Eksperimental
Penelitian
ini merupakan penelitian laboratorium. Penelitian ini bersifat menguji maka
semua variabel yang diuji harus diukur dengan menggunakan instrumen pengukuran.
Di bawah ini ada beberapa variasinya :
·
Eksperimen Murni
Dalam eksperimen ini
pengujian atau pengukuran dilakukan dengan menggunakan instrumen atau tes baku
atau sudah dibakukan.
·
Eksperimen Semu
Eksperimen ini hampir
sama dengan eksperimen murni bedanya adalah dalam pengontrolan variabel.
Pengontrolan hanya dilakukan terhadap satu variabel.
·
Eksperimen Lemah
Metode ini digunakan
untuk latihan-latihan perkuliahan. Penelitian ini hampir sama dengan eksperimen
namun tidak ada pengontrolan variabel sama sekali.
·
Eksperimen Subjek Tunggal
Metode ini dilakukan
oleh subjek tunggal tidak bisa dengan kelompok.
4.
Penelitian Kualitatif
Penelitian
ini bersifat induktif. Peneliti membiarkan permasalahan-permasalahan yang
muncul dari data. Data dihimpun dengan pengamatan seksama, mencakup deskripsi
konteks yang mendetail disertai catatan-catatan hasil wawancara.
Perbedaan
Penelitian Kuantitatif dan Penelitian Kualitatif
Penelitian Kuantitatif
|
Penelitian Kualitatif
|
1.
Berpijak pada konsep positivistik
2.
Kenyataan berdimensi tunggal,
fragmental terbatas, fixed
3.
Hubungan antara peneliti dengan
objek lepas, penelitian dari luar dengan instrumen standart yang objektif
4.
Seting penelitian buatan lepas
dari tempat dan waktu
5.
Analisis kuantitatif, statistik,
objektif
6.
Hasil penelitian berupa
inferensi, generalisasi, prediksi
|
1.
Berpijak pada naturalistik
2.
Kenyataan berdimensi jamak,
kesatuan utuh, terbuka, berubah
3.
Hubungan peneliti dengan objek
berinteraksi, penelitian dari luar & dalam, peneliti sebagai instrumen,
bersifat subjektif, judgment
4.
Seting penelitian alamiah,
terkait tempat dan waktu
5.
Analisis subjektif, intuitif,
rasional
6.
Hasil penelitian berupa deskripsi,
interpretasi, tentatif-situasional
|
·
Studi Etnografik
Penelitian ini mendeskripsi
budaya dan kelomok sosial. Penelitian ini dilaksanakan di lapangan berbentuk
observasi dan wawancara, serta mengumpulkan dokumen-dokumen dan benda artifak.
·
Studi Historis
Penelitian ini meneliti
peristiwa-peristiwa yang telah terjadi. Salah satu ciri penelitian ini adalah
periode waktu : kegiatan, peristiwa, karakteristik, nilai-nilai, kemajuan
bahkan kemunduran, dilihat dan dikaji dalam konteks waktu.
·
Studi Fenomenologis
Penelitian ini mencoba
mencari arti dari pengalaman dalam kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah
mencari atau menemukan makna dari hal-hal yang esensial atau mendasar dari
pengalaman hidup.
·
Studi Kasus
Suatu penelitian yang
dilakukan terhadap suatu kesatuan sistem. Studi kasus adalah sutu penelitian
yang diarahkan untuk menghimpun data, mengambil makna, memperoleh pemahaman
dari kasus tersebut.
·
Teori Dasar
Penelitian ini
diarahkan pada suatu penemuan terhadap suatu teori.
·
Studi Kritis
·
Penelitian Noninteraktif
Perbedaan
Antara Metode Kualitatif, Survai, dan Eksperimen
Studi Kasus
|
Survey
|
Eksperimen
|
· Mengungkapkan
untuk menjelaskan
· Sedekat
mungkin ke keadaan alamiah
· Deskripsi
verbal
· Pengumpulan
data tidak berstruktur dan spontan
· Tidak
ada perlakuan
|
· Antara
keduanya
· Jarang
meneliti situasi laboratorium
· Antara
keduanya
· Angket
dirancang seksama, wawancara terstruktur atau tidak
· Kadang-kadang
ada/tidak ada perlakuan
|
· Validasi
dari penjelasan
· Seringkali
di laboratorium
· Pengukuran
dan statistik
· Pegumpulan
data terstruktur dan dirancang seksama
· Menekankan
perlakuan
|
Sumber
Buku : Metode Penelitian Pendidikan, karya Nana Syaodih
Sukmadinata
Tidak ada komentar:
Posting Komentar